Rabu, 18 November 2015

Teman/Kenalan?

Sudahkan anda mengenal dengan pasti siapa dan bagaimana sebenarnya orang-orang disekeliling anda?

Mendengar pertanyaan itu membuat saya menjawab "saya sedikit ragu"
Siapakah orang-orang disekeliling saya saat ini?
Bagi saya yang saat ini seorang pelajar, saya bertemu dengan banyak orang, baik guru maupun murid, baik satu kelas maupun satu sekolah. 
Saya pernah berpikir, apakah hanya dengan sapaan atau sekedar senyuman sajakah saya dan mereka dapat dikatakan teman?

Suatu ketika saya mengikuti suatu seminar yang diadakan di sekolah saya, yang pembicaranya merupakan seorang yang berkewarganegaraan Indonesia namun menetap di Amerika.
Ia berkata bahwa hidup kita berada di tangan kita sendiri.
Orang-orang di sekitar kita belum tentu semuanya baik. 
Harga topeng dipasaran begitu murah, tentu banyak diantara mereka yang membeli dan menggunakannya, sehingga kita sama sekali tidak dapat mengenali siapa sebenarnya mereka.

Disini terdapat sebuah artikel yang sangat menarik kata "setuju" dari saya.

Diantara penjelasan di artikel tersebut, mungkinkah kata pembicara itu tertinggal?
Teman adalah orang yang mampu menuntunmu ke arah hidup yang lebih baik lagi. 
Namun Kenalan, mereka hanya sekedar masuk kedalam hidupmu tanpa berpengaruh lebih.

Namun, banyak diantara mereka mampu membuat suatu perubahan besar dalam kehidupanmu. Apakah itu?
Mereka mampu menjeratmu kedalam masalah-masalah hidup yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Bagaimana cara membedakan mereka?
Lihatlah peran mereka dalam kehidupanmu. 
Jikalau mereka memberikan peran positif dalam kehidupanmu, mereka adalah temanmu.
Namun, jikalau mereka memberikan peran negatif dalam kehidupanmu? JAUHI MEREKA karena mereka adalah kenalanmu.

Pahami siapa sebenarnya temanmu, lihat dan nilailah mereka sebagaimana benarnya, karena mereka juga merupakan sebagian pengaruh bagi kehidupanmu kedepannya.

Lihat dan nilailah mereka SEKARANG!
karena penyesalan akan selalu datang belakangan.

Didalam kehidupan saya, membedakan mereka adalah hal yang mudah-mudah sulit, 
Karena pengalaman hidup saya mengenai teman dan kenalan adalah cukup banyak, maka saya lebih mantap lagi  menguasai materi bagaimana membedakan mereka.

"Pengalaman Adalah Guru Yang Paling Berharga" mungkin ini benar :)

Baiklah, saya harap kalian berhasil membedakan mereka sebgaimana benarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar